Pembelajaran Menulis Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Peserta Didik MAN 1 Pasuruan Menggunakan Teknik ATK (Amati-Tiru-Kembangkan)
DOI:
https://doi.org/10.64688/jpe.v1i1.7Abstrak
Menulis teks deskripsi merupakan salah satu kompetensi dasar yang sangat penting untuk diajarkan dan dikuasai oleh peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis menerapkan teknik pembelajaran menulis teks deskripsi dengan teknik ATK (Amati-Tiru-Kembangkan) yang diadopsi dari teori copy the master. Best practise ini merupakan laporan pengalaman penulis dalam proses pembelajaran menulis teks deskripsi yang melibatkan 36 siswa kelas X-7. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan Teknik ATK (Amati -Tiru- Kembangkan) memberikan kontribusi yang baik dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks deskripsi di MAN 1 Pasuruan. Dari 36 peserta didik, 8 diantaranya (25%) mendapatkan kategori sangat baik. Sementara 26 lainnya (71%) masuk dalam kategori baik dan 2 peserta didik (4%) dengan kategori cukup baik. Secara umum peserta didik dikategorikan telah mampu menulis teks deskripsi dengan tepat. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan aspek isi, struktur teks,unsur kebahasaan, penguasaan kosa kata serta mekanik dari teks yang dihasilkan. Terdapat beberapa kekurangan dan kelemahan dalam proses penulisan teks deskripsi yaitu pada koherensi dan penggunaan unsur kebahasaan.
Kata Kunci: Teks Deskripsi, Teknik ATK (Amati-Tiru-Kembangkan)
Abstract
Writing descriptive text is one of the most important basic competencies to be taught and mastered by students in English subjects in senior high schools. In connection with this, the authors apply learning techniques to write descriptive texts with the ATK (Observe-Imitate-Develop) technique adopted from the copy the master theory. This best practice is a report on the author's experience in the process of learning to write descriptive text involving 36 students of class X-7. The results obtained show that the use of the ATK technique (Observe -Imitate-Develop) makes a good contribution in improving students' ability to write descriptive texts at MAN 1 Pasuruan. Of the 36 students, 8 of them (25%) got the very good category. Meanwhile, 26 students (71%) were in the good category and 2 students (4%) were in the fairly good category. In general, students are categorized as having been able to write descriptive text appropriately. This can be seen based on aspects of content, text structure, linguistic elements, vocabulary mastery and the mechanics of the resulting text. There are several shortcomings and weaknesses in the process of writing descriptive text, namely in the coherence and use of linguistic elements.
Keywords: Description Text, ATK Technique (Observe-Imitate-Develop)