Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Permutasi dan Kombinasi Berdasarkan Kemampuan Matematika di MAN 1 Pasuruan

Penulis

  • Rita Nur Fida MAN 1 Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.64688/jpe.v3i1.62

Kata Kunci:

Analisis Kesalahan, Permutasi dan Kombinasi, Kemampuan Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal permutasi dan kombinasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek tiga siswa kelas XII MAN 1 Pasuruan yang dipilih berdasarkan tingkat kemampuan matematika mereka. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara mendalam. Peneliti berperan sebagai instrumen utama, dengan didukung instrumen tambahan berupa lembar tes dan pedoman wawancara. Untuk memastikan keabsahan data, dilakukan triangulasi waktu. Analisis data meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi tidak mengalami kesalahan berarti dalam menyelesaikan soal, berdasarkan indikator teori kesalahan Newman, berkat pemahaman konsep yang kuat dan keterampilan berhitung yang baik. Sementara itu, siswa dengan kemampuan sedang dan rendah cenderung melakukan kesalahan pada tahap transformasi, keterampilan proses, serta dalam menuliskan jawaban akhir. Kesalahan tersebut dipengaruhi oleh lemahnya pemahaman konsep permutasi dan kombinasi, ketidaktepatan dalam menafsirkan soal, kurangnya ketelitian dalam perhitungan, serta minimnya latihan dalam penggunaan rumus. Temuan ini mengindikasikan pentingnya penguatan pemahaman konsep dan pembiasaan latihan sistematis untuk meminimalisasi kesalahan dalam penyelesaian soal matematika.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-23

Cara Mengutip

Nur Fida, R. (2025). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Permutasi dan Kombinasi Berdasarkan Kemampuan Matematika di MAN 1 Pasuruan. PenaEmas, 3(1), 506–517. https://doi.org/10.64688/jpe.v3i1.62

Terbitan

Bagian

Artikel