Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Materi Teks Report pada Peserta Didik Kelas X-A MAN 1 Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.64688/jpe.v3i1.56Kata Kunci:
Gamifikasi, Kompetensi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Teks ReportAbstrak
Abstrak
Model pembelajaran berdiferensiasi ditawarkan dalam kurikulum merdeka untuk mengoptimalkan potensi siswa dengan memberikan pengalaman belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan mereka. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan pembelajaran yang memungkinkan guru untuk mengakomodasi perbedaan individual dalam kelas. Di samping itu pembelajaran yang menyenangkan juga dibutuhkan untuk mencapai hasil yang lebih maksimal. Permainan game (gamifikasi) yang banyak disukai oleh setiap individu merupakan alternatif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mencoba melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang berbasis gamifikasi. Sebelumnya belum banyak ditemukan penelitian yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi berbasis gamifikasi pada mata pelajaran Bahasa Inggris terutama materi report text di jenjang Madrasah Aliyah. Hal inilah yang menarik peneliti untuk mempraktikkannya dan mengidentifikasi lebih mendalam dampaknya pada siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan tujuan untuk menyajikan hasil penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis gamifikasi dan menggali lebih mendalam dampaknya terhadap pengembangan kompetensi siswa kelas X-A di MAN 1 Pasuruan. Hasil yang diperoleh melalui asesmen formatif menunjukkan bahwa potensi siswa kelas X-A dapat berkembang dengan baik. Demikian pula, hasil refleksi yang mereka berikan menunjukkan semangat dan keceriaan dalam proses belajarnya. Oleh karena itu, pembelajaran berdiferensiasi berbasis gamifikasi ini sangat direkomendasikan untuk dilaksanakan oleh guru di jenjang Madrasah Aliyah pada semua mapel agar kompetensi siswa dapat dioptimalkan dengan baik sesuai dengan karakter uniknya.
Kata kunci: Gamifikasi, Kompetensi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Teks Report