Al-A’raf: Cipta Puisi Surah Al-Qur’an Terjemahan Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Literasi Membaca Siswa Madrasah
Literasi Membaca melalui Puisi dalam Surah Al-Qur'an
Kata Kunci:
Al-A’raf, Al-Qur’an, Literasi, PuisiAbstrak
Perkembangan literasi membaca saat ini sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan masih rendahnya minat literasi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan literasi membaca dapat menentukan kecerdasan seseorang. Dengan literasi membaca, seseorang akan mudah dalam menyelesaikan masalah dan menganggapnya sebagai tantangan yang harus diselesaikan. Literasi membaca bukanlah sebatas tentang baca melainkan mampu dalam memberikan pemahaman dan informasi dari bacaan. Salah satu program literasi di madrasah adalah Gerakan Literasi Madrasah yang disingkat menjadi GELEM. Menulis puisi merupakan kegiatan menuangkan ide, perasaan dan gagasan dalam bentuk tulisan yang indah. Saat ini, menulis puisi sangat digandrungi oleh siswa di madrasah. Karena dengan berpuisi mampu menjadi media dalam mencurahkan hati dan meningkatkan kreativitas berpikir abstrak. Al-A’raf: cipta puisi Al-Qur’an terjemahan merupakan salah satu solusi dalam menumbuhkan literasi membaca. Selain itu, mampu memperkuat pengetahuan terhadap nilai-nilai Islam yang terkandung dalam Surah Al-Qur'an, serta meningkatkan kreativitas dan keterampilan menulis secara mendalam. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh rata-rata minat literasi baca meningkat melalui cipta puisi Surah Al-A’raf dengan kriteria baik berdasarkan minat literasi membaca, kreativitas siswa, pemahaman nilai- nilai islam dalam Al-Qur’an dan tanggapan positif. Dengan demikian cipta puisi Surah Al-Qur’an Terjemahan dapat dijadikan alternatif dalam budaya literasi membaca.