Menulis Novelet dengan Teknik Pembelajaran CABUK BULAN Di Kelas XII IBB MAN 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2021-2022

Penulis

  • Iva Wahyuni MAN 1 Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.64688/jpe.v1i1.5

Abstrak

Pembelajaran menulis acapkali kurang diminati peserta didik. Padahal menulis itu bagian dari keterampilan berbahasa  yang  produktif.  Di samping  itu pembelajaran menulis sangatlah penting  bagi peserta didik  karena dengan menulis menjadikan peserta didik berkreasi dan berimajinasi salah satunya dalam menulis novelet. Untuk mewujudkan hal itu seorang guru dituntut untuk mampu berkreasi dalam menggunakan teknik   pembelajaran. Seorang guru dituntut untuk menggunakan teknik pembelajaran yang tepat sehingga membantu peserta didik lebih kreatif dan produktif. Salah satunya “CABUK BULAN” yaitu sebuah teknik yang dibuat penulis dengan merangkai akronim dari CA, BU, K, BU dan LAN. CA; Cari inspirasi, BU; Buat alur berbentuk peta konsep sesuai dengan jalan cerita, K; Kembangkan menjadi beberapa kalimat BU; Buku. LAN; Kumpulan/antologi. Teknik ini penulis gunakan  dengan tujuan agar mampu meningkatkan keterampilan menulis novelet bagi peserta didik kelas XII IBB di MAN 1 Pasuruan  tahun pelajaran 2021/2022.  Dengan menggunakan teknik “CABUK BULAN” berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penerapan teknik “CABUK BULAN” dapat meningkatkan rata-rata nilai peserta didik dari 77 menjadi 83. Selain itu nilai tertinggi peserta didik pun mengalami peningkatan dari 87 menjadi 93. Sedangkan prosentase ketuntasan pada kondisi awal 63 %  kemudian mengalami peningkatan menjadi 85%. Oleh karena itu penggunaan teknik “CABUK BULAN” di kelas XII IBB MAN 1 Pasuruan tahun pelajaran 2021-2022 dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis novelet yang disajikan dalam bentuk Best Practice.

Kata Kunci: Model Pembelajaran “CABUK BULAN”, novelet

 Abstract

Learning to write is often less attractive to students. Even though writing is part of a productive language skill. In addition, learning to write is very important for students because writing makes students creative and imaginative, one of which is writing novelettes. To realize this, a teacher is required to be able to be creative in using learning methods. Therefore teachers are required to use appropriate learning models so as to help students be more creative and productive. One of them is "PUBLIC OF THE MOON". The author uses this method with the aim of being able to improve the skills of writing novelettes for class XII IBB students at MAN 1 Pasuruan in the 2021/2022 academic year, the implementation of which uses the 2013 curriculum, syllabus and lesson plans for class XII Indonesian, as well as novelette text material using the learning method "CABUK MONTH" shows success in improving student learning outcomes. The application of the "CABUK MONTH" learning model can increase the average score of students from 77 to 83. In addition, the highest score of students also increases from 87 to 93. While the percentage of completeness in the initial conditions is 63% then increases to 85%. Therefore it can be said that the use of the "CABUK BULAN" learning method in class XII IBB MAN 1 Pasuruan for the 2021-2022 academic year can improve the results of novelette writing skills presented in the form of Best Practice.

Keywords: Learning Model "DISPECT THE MOON", novelette

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-05

Cara Mengutip

Wahyuni, I. (2023). Menulis Novelet dengan Teknik Pembelajaran CABUK BULAN Di Kelas XII IBB MAN 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2021-2022. PenaEmas, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.64688/jpe.v1i1.5

Terbitan

Bagian

Artikel