PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS RECOUNT PADA PESERTA DIDIK KELAS X-7 MAN 1 PASURUAN

Penulis

  • Nur Hamidah

DOI:

https://doi.org/10.64688/jpe.v2i2.35

Abstrak

Keterampilan penting yang sangat diperlukan pada abad 21 adalah keterampilan menulis. Di sisi lain  keterampilan menulis peserta didik dalam kategori rendah.  Salah satu model  pembelajaran yang bisa diaplikasikan untuk kurikulum 2013 dan bisa dianggap sebagai solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah   model pembelajaran berbasis proyek (project based learning).    Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian  ini bertujuan untuk menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning pada kelas X-7 di MAN 1 Pasuruan pada semester genap tahun pelajaran 2022-2023. Peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut: (1)  bagaimana model pembelajaran project based learning dipraktikkan dalam meningkatkan keterampilan menulis teks recount dikelas X-7 MAN 1 Pasuruan? Kesimpulan yang bisa diambil berdasarkan hasil pelaksanaan siklus 1 dan siklus 2 adalah pertama,  pelaksanaan model  pembelajaran project based learning  di kelas X-7 dapat sepenuhnya dilakukan sesuai dengan acuan atau panduan yang telah dituangkan dalam kajian Pustaka. Kedua, penerapan model  pembelajaran project based learning  mampu meningkatkan keterampilan menulis teks recount peserta didik kelas X-7 MAN 1 Pasuruan terutama dalam aspek psikomotor  sebesar   80% terpenuhi dengan baik.   Dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris dan mata Pelajaran lainnya, model pembelajaran project based learning  layak  diterapkan karena  model pembelajaran ini mampu  mengarahkan peserta didik untuk memiliki keterampilan komunikasi efektif  baik secara lisan maupun tulisan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-12

Cara Mengutip

Nur Hamidah. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS RECOUNT PADA PESERTA DIDIK KELAS X-7 MAN 1 PASURUAN . PenaEmas, 2(2), 356–369. https://doi.org/10.64688/jpe.v2i2.35

Terbitan

Bagian

Artikel