PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS RECOUNT PADA PESERTA DIDIK KELAS X-7 MAN 1 PASURUAN
DOI:
https://doi.org/10.64688/jpe.v2i2.35Abstrak
Keterampilan penting yang sangat diperlukan pada abad 21 adalah keterampilan menulis. Di sisi lain keterampilan menulis peserta didik dalam kategori rendah. Salah satu model pembelajaran yang bisa diaplikasikan untuk kurikulum 2013 dan bisa dianggap sebagai solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah model pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning pada kelas X-7 di MAN 1 Pasuruan pada semester genap tahun pelajaran 2022-2023. Peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana model pembelajaran project based learning dipraktikkan dalam meningkatkan keterampilan menulis teks recount dikelas X-7 MAN 1 Pasuruan? Kesimpulan yang bisa diambil berdasarkan hasil pelaksanaan siklus 1 dan siklus 2 adalah pertama, pelaksanaan model pembelajaran project based learning di kelas X-7 dapat sepenuhnya dilakukan sesuai dengan acuan atau panduan yang telah dituangkan dalam kajian Pustaka. Kedua, penerapan model pembelajaran project based learning mampu meningkatkan keterampilan menulis teks recount peserta didik kelas X-7 MAN 1 Pasuruan terutama dalam aspek psikomotor sebesar 80% terpenuhi dengan baik. Dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris dan mata Pelajaran lainnya, model pembelajaran project based learning layak diterapkan karena model pembelajaran ini mampu mengarahkan peserta didik untuk memiliki keterampilan komunikasi efektif baik secara lisan maupun tulisan.