PBL dengan Pendekatan RME Berbantuan NEOPARD untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Fungsi Kuadrat Siswa Kelas X MAN I Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.64688/jpe.v2i2.33Kata Kunci:
fungsi kuadrat, NEOPARD, PBL, pemahaman matematika, RMEAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi fungsi kuadrat melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL) yang dikombinasikan dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan didukung oleh aplikasi NEOPARD sebagai media pembelajaran interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan McTaggart, yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di MAN 1 Pasuruan, dengan pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep, lembar observasi, dan wawancara. Aplikasi NEOPARD berperan penting dalam membantu siswa memvisualisasikan grafik dan karakteristik fungsi kuadrat, sehingga memudahkan pemahaman materi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep dan partisipasi siswa, dengan lebih dari 92% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada Siklus II. Dengan demikian, penerapan metode PBL dan pendekatan RME yang didukung NEOPARD terbukti efektif dalam memperdalam pemahaman siswa terhadap konsep dasar fungsi kuadrat serta mendorong keterlibatan aktif dalam pembelajaran.