Penerapan Strategi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Hiwayah Siswa Kelas X 3 MAN 1 Pasuruan

Penulis

  • Rohis Amaliyah MAN 1 Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.64688/jpe.v1i2.20

Abstrak

Abstrak

Dalam pembelajaran bahasa Arab dibutuhkan proses pembelajaran yang berkualitas dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang ada di sekolah, menggunakan strategi yang tepat, dan asesmen yang tepat pula. Akan tetapi, prestasi belajar yang rendah, utamanya pada keterampilan menulis, masih menjadi permasalahan utama. Pada penelitian ini, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan kompetensi menulis siswa pada materi Hiwayah kelas X.3 MAN 1 Pasuruan. Setelah pelaksanaan PTK siklus 1 dan siklus 2, maka dapat disimpulkan, pertama, pelaksanaan model Problem Based Learning di kelas X-3 MAN 1 Pasuruan dapat sepenuhnya dipraktikkan sesuai dengan panduan yang telah dituangkan dalam kajian pustaka. Kedua, implementasi  model Problem Based Learning secara signifikan mampu meningkatkan kompetensi menulis siswa kelas X-3 MAN 1 Pasuruan baik pada aspek kognitif maupun psikomotorik. Pada aspek kognitif, terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Hal yang sama juga terjadi pada aspek psikomotorik meskipun tidak terlalu signifikan. Dengan demikian indikator keberhasilan yang kedua dan ketiga di mana rerata nilai kelas X-3 pada aspek kognitif dan psikomotorik sebesar >80% terpenuhi dengan baik. Saran untuk penelitian selanjutnya, pertama, model Problem Based Learning sangat layak dipraktikkan dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran bahasa Arab dan juga mapel yang lain, karena model ini mampu meningkatkan kualitas berpikir siswa dalam menulis suatu teks. Kedua, modelling sangat diperlukan sebagai petunjuk awal bagi siswa agar lebih mudah dalam mempraktikkan secara mandiri ketika menulis teks-teks yang lain. Terakhir, diperlukan penelitian lanjutan pada mapel yang lain, selain bahasa Arab, dengan memanfaatkan Problem Based Learning atau menggabungkan dengan model pembelajaran yang lain.

 

Kata  Kunci: Hiwayah , Maharah Kitabah, Problem Based Learning

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-20

Cara Mengutip

Amaliyah, R. (2023). Penerapan Strategi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Hiwayah Siswa Kelas X 3 MAN 1 Pasuruan. PenaEmas, 1(2), 201–210. https://doi.org/10.64688/jpe.v1i2.20

Terbitan

Bagian

Artikel