Analisis Efektivitas Program Pembelajaran Simulasi Demokrasi dalam Meningkatkan Minat dan Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Kewarganegaraan

Penulis

  • heri santoso MAN 1 Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.64688/jpe.v1i2.19

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program pembelajaran simulasi demokrasi dalam meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam kegiatan kewarganegaraan di MAN 1 Pasuruan kelas 10. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas 10 MAN 1 Pasuruan yang mengikuti program simulasi demokrasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi partisipatif. Hasil analisis data kuesioner menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam minat dan pemahaman siswa tentang kegiatan kewarganegaraan setelah mengikuti program. Selain itu, hasil analisis data observasi partisipatif mengungkapkan peningkatan yang signifikan dalam tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan kewarganegaraan. Dalam kesimpulannya, program simulasi demokrasi terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa tentang kewarganegaraan, serta meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk mengintegrasikan program simulasi demokrasi secara teratur dalam kurikulum PKN, mendorong partisipasi aktif siswa, melibatkan komunitas dan lembaga eksternal, melakukan evaluasi dan peningkatan berkelanjutan, serta melakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat dampak jangka panjang program. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran PKN yang lebih inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa.

 

Kata Kunci: simulasi demokrasi, minat, partisipasi, kewarganegaraan.

 

 

Abstract

This study aims to analyze the effectiveness of the democracy simulation learning program in increasing student interest and participation in citizenship activities in grade 10 high school. This study used a pre-experimental research design with a quantitative approach. The research subjects were 10th grade high school students who took part in a democracy simulation program. Data was collected through questionnaires and participatory observation. The results of the analysis of the questionnaire data showed that there was a significant increase in students' interest in and understanding of citizenship activities after participating in the program. In addition, the results of the participatory observational data analysis revealed a significant increase in the level of student participation in citizenship activities. In conclusion, the democracy simulation program proved effective in increasing students' interest and understanding of citizenship, as well as increasing student participation in these activities. Based on the research results, it is suggested to integrate democracy simulation programs regularly in the PKN curriculum, encourage active participation of students, involve the community and external institutions, carry out continuous evaluation and improvement, and carry out further research to see the program's long-term impact. This research is expected to contribute to the development of PKN learning methods that are more innovative and relevant to students' needs.

 

Keywords: democracy simulation, interest, participation, citizenship.

Diterbitkan

2024-11-05

Cara Mengutip

santoso, heri. (2024). Analisis Efektivitas Program Pembelajaran Simulasi Demokrasi dalam Meningkatkan Minat dan Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Kewarganegaraan. PenaEmas, 1(2). https://doi.org/10.64688/jpe.v1i2.19

Terbitan

Bagian

Artikel