Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Limit Trigonometri Kelas XII MIA-1 MAN I Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.64688/jpe.v1i2.18Abstrak
Penelitian ini mengevaluasi situasi pembelajaran matematika di MAN 1 Pasuruan, yang saat ini menunjukkan partisipasi dan pencapaian rendah. Tujuannya adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal matematika melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), terutama pada materi Limit Trigonometri. Penelitian dilakukan dengan Pendekatan Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus, terdiri dari empat pertemuan. Tahapan PTK mencakup perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi pada setiap siklus. Data hasil tes tertulis untuk mengukur prestasi belajar, serta data aktivitas siswa dan guru melalui lembar observasi, dianalisis dengan menggunakan lembar data aktivitas siswa, observasi pembelajaran, dan daftar nilai. Dari temuan, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD signifikan meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa di kelas XII.MIA-1 MAN 1 Pasuruan semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Temuan ini memiliki implikasi positif terhadap penggunaan pendekatan kooperatif dalam pembelajaran matematika.