Relevansi Empat Pilar Pendidikan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil’ Alamin (P5PPRA)

Penulis

  • Fauziyah Yosi MAN 1 Pasuruan
  • Yosi Oktaviani MAN 1 Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.64688/jpe.v1i2.16

Abstrak

P5PPRA merupakan salah satu inovasi dari implementasi Kurikulum Merdeka. Proyek tersebut berfokus pada pembentukan karakter siswa melalui praktik langsung yang di dalamnya terdapat kegiatan yang berpusat pada dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila. Tahapan P5PPRA memiliki relevansi dengan empat pilar pendidikan yang dicetuskan oleh UNESCO yaitu; 1) learning to do, 2) learning to know, 3) learning to be, dan 4) learning to live together. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi P5PPRA di madrasah serta relevansi dengan empat pilar pendidikan. Metodologi penelitian yang digunakan ialah studi kepustakaan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan sumber utama, seperti buku, artikel pada jurnal, laporan, dan lain sebagainya. Kemudian, dilakukan pencatatan, pengolahan, dan penganalisisan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi P5PPRA memiliki relevansi terhadap empat pilar pendidikan. Misalnya terdapat pada proses kegiatan belajar, penentuan tema, sampai dengan asesmen yang digunakan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-20

Cara Mengutip

Yosi, F., & Oktaviani, Y. (2023). Relevansi Empat Pilar Pendidikan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil’ Alamin (P5PPRA). PenaEmas, 1(2), 141–151. https://doi.org/10.64688/jpe.v1i2.16

Terbitan

Bagian

Artikel