Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengoptimalkan Potensi dan Kompetensi Siswa Kelas X–B MAN 1 Pasuruan pada Mata Pelajaran Ekonomi

Penulis

  • Nafisatul Masruroh MAN 1 Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.64688/jpe.v1i2.15

Abstrak

Abstrak

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan pembelajaran yang memungkinkan guru untuk mengakomodasi perbedaan individual dalam kelas. Namun, pemerintah mengevaluasi bahwa tujuan dan harapan dari Kurikulum 2013 di satuan pendidikan masih belum tercapai dengan baik. Maka, pada pembelajaran fleksibel saat ini, pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu fokus utama dalam proses pembelajaran dan asesmen bagi guru dan siswa di kelas. Dari beberapa penelitian yang ada, belum banyak ditemukan praktik baik (best practice) pembelajaran berdiferensiasi dipraktikkan pada mata pelajaran (mapel) Ekonomi di jenjang Madrasah Aliyah. Hal inilah yang menarik peneliti untuk mempraktikkan pembelajaran berdiferensiasi dan mengidentifikasi lebih mendalam dampaknya pada siswa. Pendekatan praktik baik atau dikenal istilah best practice menjadi metodologi penelitian ini dengan tujuan untuk menyajikan hasil implementasi pembelajaran berdiferensiasi dan menggali lebih mendalam dampaknya terhadap pengembangan potensi dan kompetensi siswa kelas X-B di MAN 1 Pasuruan. Hasil yang diperoleh melalui asesmen formatif menunjukkan bahwa potensi dan kompetensi siswa kelas X-B dapat berkembang dengan baik. Demikian pula, hasil refleksi yang mereka berikan menunjukkan semangat dan keceriaan dalam proses belajarnya. Oleh karena itu, pembelajaran berdiferensiasi ini sangat direkomendasikan untuk dilaksanakan oleh guru di jenjang Madrasah Aliyah pada semua mapel agar potensi dan kompetensi siswa dapat terfasilitasi dengan baik sesuai dengan karakter uniknya.

Kata kunci: Diferensiasi, Kompetensi, Pembelajaran, Potensi

 

Abstract

Differentiated learning is a learning approach that allows teachers to accommodate individual differences in the classroom. However, the government evaluates that the goals and expectations of the 2013 Curriculum in educational units have still not been achieved properly. So, in today's flexible learning, differentiated learning is one of the main focuses in the learning and assessment process for teachers and students in the classroom. From several existing studies, there have not been many good practices (best practices) for differentiated learning practiced in Economics subjects at the Madrasah Aliyah level. This is what attracts researchers to practice differentiated learning and identify more deeply its impact on students. The good practice approach or what is known as best practice is the methodology for this research with the aim of presenting the results of the implementation of differentiated learning and exploring more deeply its impact on developing the potential and competence of class X-B students at MAN 1 Pasuruan. The results obtained through formative assessments show that the potential and competencies of class X-B students can develop well. Likewise, the reflection results they provide show enthusiasm and joy in the learning process. Therefore, this differentiated learning is highly recommended to be implemented by teachers at the Madrasah Aliyah level in all subjects so that students' potential and competencies can be well facilitated according to their unique character.

 Key words: Competency, Differentiation, Learning, Potential

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-20

Cara Mengutip

Masruroh, N. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengoptimalkan Potensi dan Kompetensi Siswa Kelas X–B MAN 1 Pasuruan pada Mata Pelajaran Ekonomi. PenaEmas, 1(2), 180–192. https://doi.org/10.64688/jpe.v1i2.15

Terbitan

Bagian

Artikel