Turats Pasuruan: Studi Komparasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Kitab Tauhid Aqo’idul Imaniyah dan Mu’taqad Seket
DOI:
https://doi.org/10.64688/jpe.v1i2.13Abstrak
Sebagai bentuk apresiasi dan pelestarian terhadap karya ulama Pasuruan peneliti mengungkap beberapa hal tentang karya ulama Pasuruan khususnya dalam bidang ilmu tauhid yaitu Kitab Aqoi’dul Imaniyah karya Syaikhah Mariah Ulfah, Rembang Pasuruan dan Kitab Mu’taqad Seket karya KH. Abdullah Ismail, Ngembe Beji Pasuruan. Adapun permasalahan yang diteliti dari dua karya lokal tersebut yaitu perbandingan isi pembahasan kitab, nilai-nilai pendidikan Islam yang terkadung di dalamnya, dan perkembangan dua karya tersebut hingga saat ini. Adapun metode penelitian yang dipakai adalah pendekatan historis-kualitatif dengan memanfaatkan dokumen, observasi, dan wawancara. Dari kajian studi komparasi nilai-nilai pendidikan Islam kedua kitab tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Isi pembahasan kitab memiliki kesamaan dalam bidang ilmu tauhid, 2) Isi Kitab Aqo’idul Imaniyah terdiri dari: rukun Islam, rukun Iman, serta pasal perusak Iman. Sedangkan isi pembahasan Kitab Mu’taqad Seket: pengertian sifat wajib, mustahil dan jaiz Allah, sifat wajib Allah, pembagian sifat wajib Allah, ringkasan pembagian sifat wajib Allah, sifat wajib para rasul, sifat jaiz para rasul, serta kesimpulan akidah lima puluh, 3) Nilai-nilai pendidikan Islam Kitab Aqo’idul Imaniyah adalah Aqidah Asy’ariyyah dan Maturidiyyah, uswatun hasanan, isti’dad, ihtiyar dan tawakal, tasawuf, sedangkan dalam Kitab Mu’taqad Seket terkandung nilai Aqidah Asy’ariyyah dan Maturidiyyah, kewajiban menuntut ilmu, kredibilitas, uswatun hasanah, eksplisit dan implisit, 4) Perkembangan Kitab Aqo’idul Imaniyah sampai saat ini tersebar semakin luas karena telah diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa dan dikenal luas salah satunya melalui tradisi Buk Gebluk, sedangkan Kitab Mu’taqad Seket tetap eksis sebagai materi pelajaran para santri serta dalam proses melengkapi dan penerbitan secara luas.
Kata Kunci: Ilmu Tauhid, Nilai Pendidikan Islam