Efektivitas Ice breaking dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa

Penulis

  • Chaula Prihatiningtyas MAN 1 Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.64688/jpe.v1i2.12

Abstrak

Penelitian  ini bertujuan menguji efektivitas penggunaan metode ice breaking dalam meningkatkan kemampuan matematis siswa dan mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan matematis siswa antara yang menggunakan metode ice breaking dengan yang tidak menggunakan. Ice breaking adalah teknik yang digunakan untuk memecah kebekuan dan membangun hubungan sosial dalam kelompok. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan siswa dalam kegiatan ice breaking sebelum mereka terlibat dalam pembelajaran matematika. Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah implementasi ice breaking untuk melihat perubahan dalam kemampuan matematis siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen acak terkontrol. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok  kelas siswa MAN 1 Pasuruan sebanyak 64 siswa. Kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Kelompok kontrol tidak terlibat dalam kegiatan ice breaking, sedangkan kelompok perlakuan mengikuti sesi ice breaking sebelum pelajaran matematika. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan matematis yang relevan dengan materi yang diajarkan di kelas serta kuisioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji rerata dan uji perbedaan rerata serta skala Likert untuk menganalisis hasil kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok siswa yang terlibat dalam ice breaking menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan matematis dibandingkan dengan kelompok kontrol. Mereka menunjukkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep matematika, dan kepercayaan diri yang lebih tinggi dalam menghadapi tugas matematika dan terdapat perbedaan kemampuan matematis siswa antara yang menggunakan metode ice breaking dengan yang tidak menggunakan. Oleh karena itu, disarankan  guru mempertimbangkan penggunaan ice breaking sebagai  strategi pembelajaran matematika untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa.

                                                                                                                    

Kata Kunci: Ice breaking, kemampuan matematis, pembelajaran matematika, keterlibatan siswa.

 

 

Abstract

This study aims to test the effectiveness of using the ice breaking method in improving students' mathematical abilities and to find out whether there are differences in students' mathematical abilities between those who use the ice breaking method and those who do not use it. Ice breaking is a technique used to break the ice and build social relationships within a group. This research was conducted by involving students in ice breaking activities before they were involved in learning mathematics. Assessments were carried out before and after the implementation of ice breaking to see changes in students' mathematical abilities.

This research was conducted using a randomized controlled experiment design. The research sample consisted of two class groups of MAN 1 Pasuruan students as many as 64 students. Control group and treatment group. The control group was not involved in ice breaking activities, while the treatment group attended ice breaking sessions before math class. Data was collected through tests of mathematical abilities relevant to the material taught in class and questionnaires. Data analysis was carried out using the analysis of the mean test and the mean difference test and the Likert Scale to analyze the results of the questionnaire.

The results showed that the group of students involved in ice breaking showed a significant increase in mathematical ability compared to the control group. They showed a better understanding of mathematical concepts, and higher self-confidence in dealing with mathematical tasks and there were differences in students' mathematical abilities between those who used the ice breaking method and those who did not use it. Therefore, it is suggested that teachers consider using ice breaking as a mathematics learning strategy to increase student engagement and understanding.

 

Keywords: Ice breaking, mathematical ability, learning mathematics, student engagement.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-20

Cara Mengutip

Prihatiningtyas, C. (2023). Efektivitas Ice breaking dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa . PenaEmas, 1(2), 97–109. https://doi.org/10.64688/jpe.v1i2.12

Terbitan

Bagian

Artikel