Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Model Discovery Learning Materi Jenis Batuan Kelas X-7 MAN 1 Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.64688/jpe.v1i1.11Abstrak
Abstrak
Dalam kegiatan pembelajaran motivasi belajar memiliki kedudukan yang fundamental, tanpa motivasi yang kuat materi tidak bisa tersampaikan secara maksimal pada peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut maka penulis menerapkan model pembelajaran discovery learning. Hasil yang diperoleh melalui pengamatan menunjukkan adanya perubahan pada motivasi belajar siswa dengan menerapkan model discovery learning sub bab jenis-jenis batuan pada kelas X7 MAN 1 Pasuruan. Tingginya motivasi belajar ditunjukkan dengan antusiasme yang sangat tinggi saat pembelajaran dengan tidak ditemui lagi peserta didik yang melamun atau mengantuk. Melalui model discovery learning siswa melaksanakan proses belajar dengan semangat dan menyenangkan sehingga dapat menciptakan pengalaman tersendiri bagi peserta didik dalam mengenali jenis-jenis batuan secara langsung tidak hanya teori saja.
Kata Kunci: Discovery Learning, Jenis-Jenis Batuan, Motivasi Belajar