PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATRIKS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEET BALL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI-E DI MAN 1 PASURUAN

Penulis

  • Zuyyina Lutfa MAN 1 Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.64688/jpe.v2i2.10

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-E di MAN 1 Pasuruan pada materi matriks dengan menggunakan model pembelajaran Meet Ball. Model pembelajaran ini diterapkan untuk membuat proses belajar mengajar lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matriks. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest kelompok tunggal. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-E di MAN 1 Pasuruan. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Meet Ball, serta observasi dan angket untuk mengukur respons siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Meet Ball. Selain itu, siswa juga menunjukkan respons positif terhadap metode ini, yang tercermin dari meningkatnya partisipasi dan antusiasme mereka selama proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Meet Ball efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi matriks.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-10

Cara Mengutip

Lutfa, Z. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATRIKS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEET BALL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI-E DI MAN 1 PASURUAN. PenaEmas, 2(2), 340–355. https://doi.org/10.64688/jpe.v2i2.10

Terbitan

Bagian

Artikel